Wednesday 30 November 2011

Windows DreamScene (gunakan video kamoe jadi wallpaper)

Lama gak ngepost neh...nyaris lupa karna banyak tugas dan kegiatan kali ini seputar percantik desktop aja.....

Windows DreamScene adalah sebuah fitur yang pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista Ultimate yang memperkenankan video dan animasi yang kita inginkan untuk dipasang sebagai wallpaper desktop.

Salah satu keuntungan DreamScene dibandingkan dengan metode animasi desktop yang sebelumnya adalah DreamScene menggunakan GPU sebagai penampilnya, bukan CPU, sehingga CPU dapat bebas digunakan untuk tugas lainnya. Ketika Anda menjalankan program secara full screen, contohnya game atau jendela yang dimaksimalkan, video akan berhenti secara otomatis karena video tidak akan terlihat dan akan mengurangi penggunaan GPU dan CPU. Video juga dapat dihentikan secara manual. Semakin besar ukuran video, semakin besar memori yang digunakan dan mengakibatkan harddisk menjadi lebih sering diakses. Inilah alasan mengapa DreamScene lebih cocok dijalankan pada PC desktop, bukan laptop karena pada laptop baterai akan cepat terkuras habis.

Pada laptop, menjalankan video sebagai wallpaper dapat berdampak besar pada daya tahan baterai laptop, tidak peduli apakah dirender dengan GPU atau tidak, sehingga DreamScene mungkin menampilkan background statik pada saat laptop menggunakan baterai. DreamScene ini bergantung penuh pada Desktop Window Manager (DWM) yang menjadi bagian dari Windows Aero.

Sayangnya, pada Windows 7 DreamScene telah digantikan dengan fitur lain “Desktop Slideshow” yang dapat menampilkan wallpaper ala slideshow, namun sayangnya tidak mendukung pemutaran video. Namun jangan kecewa karena ada sebuah trik untuk mengakalinya. Windows Vista DreamScene DLL dapat di-register pada Windows 7 untuk membuat fitur ini aktif. Kekurangannya, trik ini memiliki sedikit kekurangan (bug), yaitu label gambar pada desktop akan berubah menjadi transparan. Sekali lagi, jangan khawatir karena bug ini dapat diakali.

contoh di youtube :


dapat diunduh di sini

harus berformat WMV and MPG tinggal klik kanan set as desktop background
ni kumpulan video dreamscene
- http://www.dreamsceneseven.com/animatedwallpapers.htm
- http://www.dreamscene.org/gallery.php
- http://browse.deviantart.com/customization/?q=dreamscene
moga bermanfaat








sumber:kaskus thks to duduldd(kaskuser)

No comments:

Post a Comment